KEISTIMEWAAN SHALAWAT NABI

Sesungguhnya membaca shalawat kepada nabi Muhammad saw banyak mengandung faedah dan keistimewaan. Sepereti yang di jelaskan oleh Sayidina Ali Karromallohu Wajhah “setiap orang ang bershalawat sekali kepada atas beliau saw, semasa hidupnya dan atau setelah wafatnya maka Alloh swt bersholawat atasnya sebanyak sepuluh kebaikan. Siapa yang bersholawat atasnya  setelah wafat , sesungguhnya beliau mengetahui dan bersholawat serta membalas ucapan salam orang tersebut seperti sholawat dan salam yang ia sampaikan. Alloh tidak menerima setiap doa yang dipanjatkan oleh umat Muhammad sawsampai mereka membaca sholawat atas nabi dan keluarganya.”


Berikut adalah faedah daan keistimewaan membaca sholawat kepada nabi Muhammad saw.

1.         Sholawat dapat mendekatkan seorang hamba kepada Alloh swt, Malaikat, dan Rahmat Alloh.

Selain akan mendapat syafaat beliau, membaca sholawat juga dapat mendekatkan diri kepada Alloh swt, seperti Firman Alloh swt kepada nabi Musa as, “maukah engkau aku agar Aku dekat denganmu melebihi dekatnya ucapanmu dengan lesanmu, melebihi dekatnya jiwamu dengan ragamau, melebihi dekatnya cahaya penglihatanmu dengan kedua matamu? Maka bacalah sholawat sebanyak mungkin kepada Muhammad saw” (Durrotun Nashihin : 132)

Mengapa membaca sholawat kepada Nabi Muhammad saw sama dengan mendekatkan diri kepada Alloh swt? Sebab didalam sholawat tersebut tercantum Asma’ Alloh al-A’dhom, semakin banyak membaca sholawat kepada nabi Muhammad swt itu maka sering pula ia menyebut Asma Alloh swt, ini berarti ciri dari hubun Nabi (Cinta kepada Nabi saw).

2.         Satu bacaan sholawat akan dibalas dengan sepuluh bacaan sholawat.

Ketika kita membaca sholawat kepada Nabi Muhammad saw satu kali maka Alloh swt akan membalas bacaan tersebut sebanyak sepuluh kali sebagaimana Sabda Rosululloh saw “Alloh memerintahkan satu malaikat diantara para malaikat untuk membawa nama setiap orang yang bersholawat dan nama orang tuanya kepadaku Malaikat itu berada dimakamku sampai hari kiamat. Ketika seseorang bersholawat atasku, Malaikat tersebut berkata, “Wahai Muhammad, Fulan bin Fulan bersholawat atasmu sebanyak sekian kali”. Alloh telah menjamin bahwa setiap sholawat akan dibalas dengan sepuluh sholawat.”

3.         Sholawat nabi dapat menutupi kesalahan yang telah diperbuat dan dapat mengangkat derajat orang yang membacanya.

Abu Tholhah berkata “Saya pernah mengahdap Rosululloh saw, tampak wajah beliau berseri-seri”. Aku bertanya. “Ya Rasul, saya melihat wajah tuan hari ini tampak berbunga-bunga dana berseri?” Rasul menjawab, “bagaiman aku tidak gembira, baru saja Jibril datang menghadapku, dan ia berkata. Barang siapa yang membaca sholawat kepadaku sekali saja maka ia akan mendapat balasannya sepuluh kali lipat, dan akan diangat derajatnya menjadi sepuluh kali lipat”.

Ada sebuah kisah dari Aisyah, ia berkata, “pada suatu malam disaat waktu sahur saya menjahit sebuah pakaian, namun ketika itu lampu kamarku mati, maka jatuhlah jarum tusukku. Kemudian datanglah Rasulullah dan teranglah seluruh kamarku dengan cahaya diwajahnya. Aku pun dapat menemukan jarum tusukku. Kemudian aku bertanay kepada beliau.”Ya Rosul, apa yang membuat wajahmu bercahaya?” Rasul menjawab “hai ‘Aisyah, celakalah bagi orang yang tidak dapat melihat wajahku di hari kiamat nanti” ‘Aisyah bertanya. “siapakah orang yang tidak dapat melihat wajahmu ya Rosul?” mereka adalah orang-orang yang bakhil”. Aisyah bertanya lagi “siapakah orang yang bakhil itu?” rasul menjawab “Yaitu orang-orang yang apabila disebut namaku dihadapannya, mereka enggan membalasnya dengan membaca sholawat kepadaku.”    

4.         Sholawat dapat menjadi sebab penutup kebutuhan dunia dan akhirat.

Diriwayatkan oleh Imam Ja’far Ash-Shidiq bahwa rasululloh saw bersabda “bacaan kalimat atasku dapat menyebabkan terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan kalian, dan Alloh swt ridho pada kalian serta membersihkan perbuatan-perbuatan kalian.”
  
5.         Sholawat menjadi sebab diampuninya dosa-dosa.

Rasululloh saw bersabda “Dua orang hamda yang saling mencintai karena Alloh, saling berjabat tangan dengan mmebaca sholawat atasku, maka selama kedua prang tersebut belum berpisah, maka Alloh akan mengampuni dosa-dosan mereka baik yang terdahuu paupun yang akan datang.”

Imam Ali Ar-Ridho berkata “setip orang yang tidak mmapu membayar kifarot (tebusan / denda) atas dosa-dosanya maka hendaklah ia memperbanyak membaca sholawat atas Nabi Muhammad saw dan keluarganya. Agar dapat melebur dosa-dosanya”.

Di dalam kitan uyunul Majalis diriwayatkan bahwa saat seseorang hamba bersholawat, terdengar seruan bahwa Alloh swt bersholawat atas hamba tersebut sepuluh kali. Seruan tersebut terdengar oleh penghuni langit pertama. Mereka pun bersholawat seribu kali bagi hamba tersebut. Begitu pula ketika terdengar oleh oenghuni langit kedua dan seterusnya hingga Sidrotul Muntaha hingga berjumlah tujuh ribu kali. Kemudian Alloh swt berfirman kepada para malaikat “kalian tidak terlepas dari janji sholawat hamba-Ku, serahkan semuanya pada-Ku sehingga Aku memberi balasan padanya, dan balasan bagi hamba-Ku ada;ah Aku mengampuni dosa-dosanya.”

6.         Di bedakan derajatnay diantara orang-orang munafik

Setiap umat Muhammad saw, yang membiasakan diri mebaca sholawat maka ia akan dibedakan derajatnya diantara orang-orang munafik dan orang-orang kafir. Rasululloh saw bersabda “
الصلاة علي وعلى أهلى بيتى تذهب النفاق
Artinya : “Sholawat atasku dan atas ahlul baitku dapat menghilangkan kemunafikan ”

7.         Mendapatkan cahaya (petunjuk) lahir dan batin di hari kiamat.
      
          Nabi Khidlir as, menjumpai Imam hasan Al-Mujtaba. Lalu ia bertanya “mengapa manusia terkadang lupa pada sesuatu yang telah diketahui sebelumya?” Imam Hasa menjawab “hati manusia berlandaskan kebenaran, dan cenderung pada kebenaran serta terikat pada kebenaran. Jika dia menyampaikan sholawat dan salam secara sempurna kepada Nabi Muhammad saw, dan keluarganya, hatinya akan memancarkan cahaya tertentu. Sesuatu yang terlupakan, akan kembali teringat. Jika ia tidak membaca sholawat atas Muhammad saw dan keluarganya atau membaca sholawat yang tidak sempurna maka sesuatu yang akan diketahuinya akan tetap trikat dan menempel pada kebenaran. Pada saat itulah manusia mengalami lupa.”
Rasululloh bersabda “Siapa yang membaca sholawat atasku, Alloh swt akan memberikan cahaya diatas, dikiri, dikanan, dibawah, dan di seluruh tugbuhnya kelak dihari kiamat.”

8.         Akan selamat dari lalapan api neraka

Imam Ja’far Ash-shidiq berkata pada Shohab bin Sababah “Apakah engkau ingin aku ajarkan sesuatu agar wajahmu terjaga dari panasnya api neraka?” jawabnya “Ya.” Lalu Imam ja’far berkata “Setelah sholat subuh, ucapkan seratus kali Allohumma Sholli ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘alaa ‘ali sayyidina Muhammad.” Niscaya Alloh akan menjaga wajahmu dari api neraka.

Imam Muhammad al-baqir ra. Berkata : “Ada seorang hamab telah berada di neraka selama tujuh puluh masa, satu masa samadengan tujuh puluh tahun. Kemudian ia memohon kepada Alloh dengan keutamaan Nabi Muhammad saw, dan ahlul bait-nya agar beliau merahmatinya.

Terdengar seruan Alloh swt kepada Malaikat Jibril as, “Turunlah engkau, temui hamba-Ku itu, dan keluarkan ia dari neraka.” Jibril berkata “Wahai Tuhanku, bagaimana aku dapat masuk ke neraka? Alloh menjawab “Aku telah memerintahkan agar api neraka menjadi dingin dan sejuk bagimu.” Jibril bertanya “hamba-Mu itu berada dimana?” Ia berada dilembah neraka Sijjin.” 

Kemudian Jibril mendatangi hamba tersebut dan menyaksikan hamba itu sedang duduk melipat kedua kakinya. Jibril pun segera mengeluarkannya. Alloh berfirman “Wahai hamba-Ku berapa lama kamu berada disana?” “aku tidak tahu” jawabnya.  Kemudian Alloh berfirman “Aku bersumpah demi kemuliaan dan keagungan-Ku, jika engkau tidak memohon pada-Ku seperti tadi, untuk setiap titik kehinaanmu, satu masa engkau akan berada di neraka. Namun, Aku mengharuskan pada diri-Ku, siapa saja yang memohon dengan keutamaan Muhammad saw, dan keluarganya agar diampuni dosa-dosanya, maka akan Aku ampuni. Dan kini engkau Ku ampuni.”

9.         Ada jaminan masuk surga dan kenikmatannya
         
          Banyak orang awam yang belum mengerti bahwa sholawat nabi Muhammad saw, adalah merupakan ja;lan menuju surga. Karena dengan banyaknya membaca sholawat secara otomatis orang itu akan sering menyebut Asma Alloh dan kekasih-Nya, yaitu nabi Muhammad saw, dengan cara ini Abdurrohman bin Auf meriwayatkan, rasululloh bersabda : “Jibril datang kepadaku dana berkata “Ya Muhammad, tidak ada seorang pun yang bersholawat kepadamu kecuali 70,000 malaikat bersholawat kepadanya. Dan barang siapa disholawati oleh para malaikat maka ia termasuk ahli surga” ” (Durrotun nashihin : 11)

          Seorang sahabat bertanay kepada Rasululloh saw, “bacaan sholawat dari umat merupakan kiriman hadiah untukmua. Lalu, apakah engkau balas mengirimkan hadiah kepadanya?” Rosululloh saw, menjawab “Hari ini, sholawat umatku merupakan hadiah mereka untukku,  Sedangkan esok, menjadi hadiah untuk mereka di surga.”
  
10.      Mendapat Syafaat di hari kiamat 
         
          Ada seorang penduduk Marwi berkata “aku adalh seorang yang sangat malas membaca sholawat atas pemimpin alam, yaitu Nabi Muhammad saw, dan sama sekali tidak memberikan perintah dalam masalah tersebut. Hingga suatu malam, aku bermimpi melihat Rasululloh saw, namun beliau tidak mempedulikanku seolah-olah beliau tidak menyukaiku.”
         
          Aku  bertanya kepada beliau “Wahai Rasululloh, mengapa engkau tidak mempedulikanku? Bukankah aku adalah umatmu? Akau mendengar dari ulama’ bahwa para Nabi mengenal umatnya dibandingkan ayah terhadap anaknya.” 
         
          Beliau menjawab “pengenalanku pada umatku bergantung pada sholawat yang mereka sampaikan kepadaku. Karena engkau tidak mengingatku dengan sholawat, lalu bagaimana aku mengenalmu dan bagaimana aku peduli padamu?”
         
          Aku terbangun dari tidur. Sejak itu akun mewajibkan pada diriku membaca sholawat seratus kali setiap hari. Alloh memberiku taufik untuk bisa melaksanakannya. Tidak lama kemudian aku kembali bermimpi berjumpa Rasululloh saw, “Sekarang aku mengenalmu. Aku bangga padamu dan aku akan memberimu syafaat pada dirimu di hari kiamat kelak.” 

2 comments

Author
avatar
Balas
Author
avatar
Balas