SHOLAWAT JAUHAROTUL KAMAL

Shalawat Jauharatul Kamal merupakan salah satu dari sekian banyaknya jenis shalawat yang menjadi Wazhifah (rutinitas) dalam Thariqah Tijaniyyah. Selain Shalawat al-Fatih yang dibaca secara berjamaah ataupun dalam keadaan sendiri, Shalawat Jauharatul Kamal diajarkan langsung oleh Kanjeng Rasul Muhammad  kepada Sayyidi Syaikh al-Imam Ahmad Ibn Muhammad At-Tijany (1150-1230 H, 1737-1815 M) dalam keadaan sadar/jaga (bukan dalam mimpi).

Bacaan Jauharatul Kamal ini memiliki keutamaan yang sangat banyak. Silahkan mencari ijazah dari guru yang memiliki ijazah untuk mengamalkanya Apabila pengunjung / pembaca blog nekat mengamalkan sholawat Jauharotul Kamal ini tanpa ada ijazah / bimbingan guru secara langsung dan terjadi gangguan fisik atau mental dan atau sejenisnya, kami (pemilik blog) tidak bertanggung jawab atas hal itu.
 
 
Syaikh Muhammad Fat’han Ibn Abdul Wahid as-Susiy an-Nadzify berkata :Siapa saja yang meragukan Rasulullah dengan mengatakan bahwa bantuan Rasulullah  telah terputus kepada umatnya dengan sebab wafatnya beliau sama seperti halnya mayat yang lain, maka sungguh ia tidak mengenal sama sekali akan kedudukan Rasulullah  dan ia telah melakukan adab yang buruk kepada Rasulullah , dikhawatirkan ia akan mati dalam keadaan kafir jika ia tidak bertaubat dari keyakinan seperti itu.
Berikut teks bacaan Sholawat Jauharotul Kamal.

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى عَيْنِ الرَّحْمَةِ الرَّبَّــانِــيَّــةِ وَالْيَــقُوْتَـةِ الْـمُتَحَقِّقَةِ اْلحَائِطَةِ بِمَرْكَــزِ الْفُهُوْمِ وَالْـمَعَانِى وَنُوْرِ اْلأَكْــوَانِ الْـمُتَــكَــوِّنَةِ اْلأَدَمِـــيِّى صَاحِبِ الْحَقِّ الرَّبَّـــانِـــيِّى الْبَرْقِ اْلأَصْطَعِ بِمُزَوَّنِ اْلأَرْوَاحِ الْـمَالِئَةِ لِكُلِّ مُتَعَرِّضٍ مِنَ الْبُحُوْرِ وَالْأَوَانِى وَنُوْرِكَ اللَّامِعِ الَّذِى مَلَأْتَ بِهِ كَوْنِكَ الْحَائِطَ بِأَمْكِــنَةِ الْـمَكَانِى. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى عَيْنِ الْحَقِّ الَّــتِى تَــتَــجَلّٰى مِنْـهَا عُرُوْشُ الْحَقَائِقِ عَيْنَ الْـمَعَارِفِ الْأَقْوَامِ صِرَاتِكَ التَّآمِ اْلأَسْقَمِ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى طَلْعَةِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ الْكَنْــزِ اْلأَعْظَمِ إفَاضَتِكَ مِنْكَ إلَيْــكَ إحَاطَةِ النُّوْرِ الْـمُطْلَسِمِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلٰى أٰلِهِ صَلَاةً تُعَرِّقُنَا بِـهَا إيَّاهُ.
Artinya :
Ya Allah, Limpahilah Rahmat dan Kesejahteraan terhadap Hakikat Rahmat Ketuhanan, mutiara yang terang benderang memancar dengan rahsia pengertian dan pernyataan, cahaya segala sesuatu yang menjadikan manusia wadah Kebenaran Ketuhanan, yang bagaikan kilat memancar dengan melimpahkan curahan rahmat kepada setiap orang yang menghadap-Nya daripada segenap lingkungan dan masa, dan cahayaMU yang bergemerlapan memenuhi dengannya wadah ciptaanMU dengan ketinggian pangkat. Ya Allah, Limpahilah Rahmat dan Kesejahteraan ke atas Hakikat Kebenaran yang mempernyatakan daripadanya naungan seluruh rahsia-rahsia hakikat yang memiliki kearifan tertinggi, yang sentiasa merintis jalanMU yang sempurna. Ya Allah, Limpahilah Rahmat dan Kesejahteraan ke atas Penyeru Kebenaran dengan Kebenaran yang menjadi Gedung Teragung, Sumber bagi segala limpahanMu yang daripadaMU kepadaMU meliputi cahaya yang terpilih. Rahmat Allah ke atasnya juga kepada keluarganya dengan rahmat membukakan kami dengannya haqiqat.