SHOLAWAT SYEKH IMAM AHMAD RIFA’I

Syekh Imam Ahmad Rifa'i lahir pada tahun 500 H. setelah sepeninggalan Wali Quthub Syekh AbdulQadir Al-Jilany, RA. SyekhAhmad Rifa'i belajar ilmu fikih bermadzhab Syfai'iyah,dan beliau lebih gemar mempelajari ilmu-ilmu tasawus, sehingga menjadikan belau sebagai ulama' yang masyur akan ilmu tasawufnya dan dijadikan sebagai landasan serta rujukan para guru thoriqoh. Beliau mempunyai watak yang sangat lembut dan ramah, namun suaranya mampu terdengar dari jarak kejauhan, sehingga seluruh penduduk desa mampu mendengar ceramahnya. Banyakpara guru thoriqoh yang datang untuk mengikuti sabda-sabdanya dengan menggelar sajadah dan kemudian menempelkan sajadah tersebut ke dadanya, sehingga setelah sampai rumah para guru thoriqoh tersebut bisa menjelaskan dengan gambalang apa-apa yang telah diterangkan oleh Syekh Imam Ahmad Rifa'i.


Syekh Imam AhmadRifa'i mrninggal pada hari Kamis di waktu duhur tanggal 12 Jumadil Awal tahun 570 Hijrah. Riwayat yang lain mengatakan tahun 578 Hijrah.
dan inilah salah satu peninggalan beliau yang mulai ini, sebuah amalan berbentuk sholawat yang diberi nama Sholawat Jauharotul Anwar (Mutiaranya beberapa cahaya) yang oleh kalangan ahlul kasyaf disebut sebagai Sholawatnya Wali Quthub Syaikh Ahmad Rifa'i.Sholawat ini abegitu agung faedah maupun pahalanya jika diamalkan,karena didalamnya termaktub Ismul A'dhom. 
Semoga Alloh meridloi segala amal kebaikan Syelh Ahmad Rifa'i, dan ditempatkan disis-Nya, tempat yang paling mulia. dan semoga kita bisa mengamalkannya serta memperoleh manfaat fiddin waddunya, wal akhiroh.Amin, ya Robbal ''Alamin. 

الصلاة الجوهرة الأنوار

بسم الله الرحمن الرحيم
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَباَرِكْ عَلَى نُوْرِكَ اْلأَسْبَقِ. وَصِرَاطِكَ الْمُحَقَّقِ.
اَلَّذِيْ اَبْرَزْتَهُ رَحْمَةً شَامِلَةً لِوُجُوْدِكَ. وَاَكْرَمْتَهُ بِشُهُوْدِكَ. وَاصْطَفَيْتَهُ
لِنُبُوَّتِكَ وَرِسَالَتِكَ. وَاَرْسَلْتَهُ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا. وَدَاعِياً اِلَى اللهِ بِاِذْنِهِ
وَسِرَاجًا مُنِيْرًا. نُقْطَةِ مَرْكَزِ الْباَءِ الدَّائِرَةِ اْلاَوَّلِيَّةِ. وَسِرِّ اَسْرَارِ
اْلاَلِفِ الْقُطْباَنِيَّةِ. اَلَّذِيْ فَتَقْتَ بِهِ رَتْقَ الْوُجُوْدِ. وَخَصَّصْتَهُ بِأَشْرَفِ
الْمَقَامَاتِ بِمَوَاهِبِ اْلاِمْتِناَنِ وَالْمَقَامِ الْمَحْمُوْدِ. وَأَقْسَمْتَ بِحَياَتِهِ فِيْ
كِتاَبِكَ الْمَشْهُوْدِ. ِلأَهْلِ الْكَشْفِ وَالشُّهُوْدِ. فَهُوَ سِرُّكَ الْقَدِيْمُ السَّارِيُّ.
وَمَاءُ جَوْهَرِ الْجَوْهَرِيَّةِ الْجَارِيّ. اَلَّذِيْ اَحْيَيْتَ بِهِ الْمَوْجُوْدَاتِ. مِنْ
مَعْدِنٍ وَحَيَوَانٍ وَنَباَتٍ. قَلْبِ الْقُلُوْبِ وَرُوْحِ اْلاَرْوَاحِ وَاِعْلاَمِ الْكَلِماَتِ
الطَّيِّباَتِ. اَلْقَلَمِ اْلأَعْلَى وَالْعَرْشِ الْمُحِيْطِ رُوْحِ جَسَدِ الْكَوْنَيْنِ.
وَبَرْزَحِ الْبَحْرَيْنِ. وَثاَنِيَ اثْنَيْنِ. وَفَخْرِ الْكَوْنَيْنِ. اَبِيْ الْقَاسِمِ اَبِيْ
الطَّيِّبِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِاللهِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ عَبْدِكَ وَنَبِيِّكَ
وَحَبِيْبِكَ وَرَسُوْلِكَ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا
كَثِيْرًا بِقَدْرِ عَظَمَةِ ذَاتِكَ فِيْ كُلِّ وَقْتٍ وَحِيْنٍ سُبْحاَنَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ
عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن.
Dalam satu risalah tentang Ismul A`dhom disebutkan faedah shalawat ini mengandung rahasia luar biasa, antara lain : 
  1. Jika dibaca 100x setiap hari, mak akan mendapatkan kedudukan wali dari Auliya Allah. 
  2. Apabila dibaca 1000x tiap hari, maka akan dapat memberi nafkah secara ghaib, dengan kata lain bila ada keperluan mendadak. caranya : Masukkanlah tanganmu kedalam saku anda, maka akan engkau dapatkan apa yang engkau perlukan. 
  3. Untuk membinasakan orang dzholim, caranya : dibaca pada malam sabtu 1000x maka engkau akan melihat keajaibannya, (harap berhati-hati jangan sembarangan melempar orang, bisa kena diri sendiri ) 
  4. Untuk mencegah perampok dan musuh yang banyak, ambillah segenggam tanah dari bawah telapak kaki sebelah kiri, bacakan shalawat ini 7x, lalu tiupkan pada tanah tersebut kemudian lemparkan kearah dimana musuh/perampok berada, maka akan terjadi kebinasaan pada mereka seketika Bi idznillah.
  5. Untuk mengembalikan barang yang hilang dan untuk melunasi hutang. Bacalah sholawat ini setiap hari sebanyak 7 (tujuh) kali. Setiap mulai satu kali diniatkan pahala  ke Hadratun Rasulullah saw, keluarganya, sahabatnya, serta pada Rijalul Ghaib dan Ashaabun Naubah dan kepada pemimpin mereka. Dan berniat bila hajatmu tercapai engkau bersedekah dengan makanan dan pahalanya untuk mereka. Atau kau dapat memberi makan orang miskin sebagai terima kasih kepada Allah swt karena barokah merekalah dan shalawat ini sehingga hajatmu tercapai. Insya Allah.
  6. Untuk mengobati sakit kepala, demam, sakit mata, migran ( sakit kepala sebelah ) dibacakan pada air mawar 7x dan diminumkan pada orang yang sakit. Insya Allah akan segera sembuh.
  7. Untuk melancarkan air susu ibu / hewan ternak, dengan cara, ambil air dari mata air ( sumur ) kemudian bacakan shalawat ini sebanyak 7x lalu diusapkan pada teteknya dan diminumkanpada ibu/hewan ternak, maka air susunya akan keluar banyak. Insya Allah. 
  8. Untuk mengobati kencing tersumbat ( kencing batu ) dan wanita yang akan melahirkan ( bagi yang susah melahirkan ) dibacakan seperti diatas (No.7). 
  9. Untuk mengjilangkan sesak nafas, was-was, rasa takut, sering mimpi yang tidak enak/menakutkan, masuk angin, sakit dada, TBC, sulit tidur. Maka cara mengobatinya adalah dengan mengambil air minum satu gelas kemudian bacakan sholawat ini seperti pada No.7  kemudian diminumkan pada malam hari (menjelang tidur). 
  10. Dibaca sebagai wirid sebanyak-banyaknya bagi perempuan/laki-laki agar cepat menemukan jodohnya, (untuk membuat air asma' dibaca 7xkemudian diminumkan padaorang yang meminta hajat tersebut).
  11. Bila didawamkan/rutin dibaca 100x setiap hari selama 40 hari, engkau akan menjadi seorang Arif mungkin Kasyaf. 
  12. Untuk wanita yang mandul dan menginginkan kehadiran seorang anak maka, sholawat ini dibaca pada segelas air kemudian diminumnya (dibuat madi keesokan harinya) pada malam Jum'at, dan kemudian dicampuri oleh suaminya pada malam itu juga, maka dengan izin Allah dia akan segera hamil.